Pengaruh Tipe Kepribadian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas Xi Mia 5 Sma Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

SOGEN, Maria Hilaristis Sabina Jebe (2017) Pengaruh Tipe Kepribadian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Yang Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Peserta Didik Kelas Xi Mia 5 Sma Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (870kB)
[img] Text
1.BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
2.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
3.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
4.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] Text
5.BAB V.pdf

Download (306kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik, dimana peserta didik didorong untuk terlibat langsung dalam melakukan inkuiri yakni bertanya, merumuskan permasalahan, melakukan eksperimen, mengumpulkan, menganalisis data, menarik kesimpulan, berdiskusi dan berkomunikasi. Dalam pembelajaran ini, guru tidak berperan sebagai donor pengetahuan melainkan sebagai fasilitator dan pembimbing peserta didik untuk belajar dimana peserta didik dituntut untuk menjadi lebih aktif dalam mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana tipe kepribadian peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? (4) Adakah hubungan antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017?(5) Adakah pengaruh antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui tipe kepribadian peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/ 2017. (3) Untuk mengetahui kemampuan identifikasi variabel peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/ 2017. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan inkuri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok larutan penyangga pada peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (2) Tipe Kepribadian peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kupang dengan 10 peserta didik tipe introvert dan 21 peserta didik tipe ekstrovert memiliki nilai rata-rata angket tipe kepribadian sebesar 82,23 termasuk dalam kategori baik. (3) Kemampuan Identifikasi Variabel peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kupang dengan skor rata-rata sebesar 76,3 termasuk kategori sangat baik. (4) Ada hubungan antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 tahun ajaran 2016/2017 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,72. (5) Ada pengaruh antara tipe kepribadian dan Kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi pokok larutan penyangga peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 tahun ajaran 2016/2017 yang diperoleh dari persamaan garis regresi ganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepribadian, Kemampuan Identifikasi Variabel, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 21 Sep 2022 03:23
Last Modified: 21 Sep 2022 03:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9195

Actions (login required)

View Item View Item