MANEHAT, Elisabet Seli Adolfina (2022) Analisis Pendapatan Retribusi Pasar Pada Kantor Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (962kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (331kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimanakah kinerja PD. Pasar Kota Kupang dalam penerimaan pendapatan retribusi pasar?. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kinerja PD. Pasar Kota Kupang dalam pendapatan retribusi pasar. Penulisan ini dilakukan pada Kantor PD. Pasar Kota Kupang. Jenis data yang digunakan dalam penulisan ini yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Dari delapan unit pasar yang ada di Kota Kupang lima pasar di antaranya yaitu Pasar Kasih Naikoten I, Pasar Oeba, Pasar Oebobo, dan Pasar Kuanino memiliki rata-rata persentase dari 100% ke atas berdasarkan kriteria penilaian efektifitas sehingga dari penjelasan tersebut menerangkan bahwa capaian kerja PD. Pasar Kota kupang dalam pemungutan retribusi dari empat pasar tersebut sangat baik, sudah sangat efektif dan maksimal dalam memanfaatkan potensi pasar yang ada dari tahun 2018 sampai tahun 2020. Sedangkan, empat unit pasar lainnya yaitu Kios Stadion Merdeka, Kios Jalan Udayana, Pasar BTN Kolhua, dan Pasar Penfui tidak stabil dilihat dari persentase rasio efektivitas yang naik kemudian turun, ini menunjukan PD. Pasar di ketiga unit pasar tersebut belum maksimal dalam melakukan pemungutan retribusi pada beberapa pasar tersebut. Adapun delapan unit pasar tersebut yaitu Pasar Kasih, Pasar Oeba, Pasar Oebobo, Pasar Kuanino, Kios Jalan Udayana, Kios Stadion Merdeka, Pasar BTN Kolhua dan Pasar Penfui sama-sama mengalami penurunan peneriman pendapatan operasional retribusi pasar pada tahun 2020 disebabkan oleh beberapa faktor eksternal yaitu wabah Covid-19 pada sehingga menyebabkan tempat/fasilitas umum ditutup sementara sehingga tidak ada kegiatan pemungutan retribusi yang terjadi di semua pasar, ini menyebabkan delapan unit pasar tidak mencapai target yang ditentukan dan adapun beberapa fasilitas pasar yang rusak atau tidak terpakai. Berdasarkan hasil analisis tersebut, penulis memberikan saran kepada PD. Pasar Kota Kupang agar meningkatkan penerimaan pendapatan operasional melalui sosialisasi dan penyuluhan kepada para wajib retribusi di delapan pasar tersebut yaitu Pasar Kasih, Pasar Oeba, Pasar Oebobo, Kios Stadion Merdeka, Kios Jalan Udayana, Pasar Penfui, Pasar BTN Kolhua dan PasarKuanino. Serta memperbaiki fasilitas yang rusak yaitu MCK dan pengadaan fasilitas baru yaitu meja-meja rusak di beberapa pasar. Serta menjaring para wajib retribusi baru yang belum dikenai pungutan retribusi sebelumnya dengan meningkatkan kegiatan pemeriksaan dan pengawasan di lapangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendapatan Retribusi, Kinerja |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | S.Ak ELISABET.S.A. MANEHAT |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 00:18 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 00:18 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9566 |
Actions (login required)
View Item |