KARMELIN, Failah (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Materi Pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (778kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (94kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (313kB) |
Abstract
Sikap kurang bergairah, kurang aktif, kelas kurang berpusat pada siswa, dan kadang-kadang ada yang bermain-main sendiri di dalam kelas, merupakan masalah yang dihadapi SMA Negeri 5 Kupang, khususnya untuk mata pelajaran Biologi pada siswa kelas XI. Dampak buruknya adalah penguasaan konsep dan kriteria ketuntasan minimal belajar mereka tidak mencapai standar kriteria ketuntasan minimal belajar yaitu ≤75%, sedangkan secara klasikal nilai rata-rata yang diperoleh siswa 60 dari jumlah siswa18 orang. Oleh karena itu kondisi seperti ini tentunya perlu ditingkatkan secara efektif dan efisien. Salah satu model pembelajaran yang dapat menstimuli siswa agar seluruh siswa mengikuti pembelajaran dan aktif berpikir adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Games Tournament. Pendekatan ini mudah diterapkan, melibatkan seluruh aktivitas siswa tanpa harus ada perbedaan status, dan mengandung unsur permainan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif Pendekatan Teams Games Tournamen terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA materi pokok Sistem Pernapasan pada Manusia di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa, dapat diketahui bahwa (1) Rata-rata hasil belajar siwa pada pretest 23,88% dan posttest 86,94%. Dari hasil ini diketahui rata-rata peningkatan sebesar 63,05% (2) ketuntasan hasil belajar berdasarkan acuan DEPDIKNAS 2006 dan sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah menunjukkan bahwa dari 18 orang peserta yang menjadi subyek penelitian, dinyatakan semuanya tuntas. Ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal mencapai 100% (3) Rata-rata ketuntasan indikator 0,84 (4) Sensitivitas butir soal 0,63 (5) Kemampuan guru termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,91 (6) Aktivitas siswa yang paling menonjol adalah Membaca teks materi pembelajaran serta Berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dalam LKS dengan rata-rata persentase dalam dua kali pertemuan yaitu 26,85% dan 25,71%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Games Tournament efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA2 materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMA Negeri 5 Kupang, tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Teams Games Tournament, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 23:44 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 23:44 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9583 |
Actions (login required)
View Item |