Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

DINA, Gerviana Srilina (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan tugas-tugas dengan standar perfomansi atau pelaksanaan tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh siswa, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Dalam pengajaran KTSP, rangkaian pengajaran yang mencakup prinsip dan keterampilan merupakan hal-hal yang diharapkan sebagai hasil belajar mengajar. Namun masalah yang sering ditemukan dalam pembelajaran KTSP adalah siswa kurang antusias dan tidak berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok ekosistem di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian preekperimental dengan design penelitian adalah one group pretest-posttest design. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 86,00% (tuntas) dan secara klasikal 95% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,83(tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,44 ≥ 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 94,32% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,67 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,50% (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem kelas VIIB di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan STAD, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:50
Last Modified: 19 Oct 2022 05:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9591

Actions (login required)

View Item View Item