Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

NDUN, Joice Elisabeth (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia Di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerjasama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Sistem Pernapasan pada Manusia. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII materi pokok Sistem Pernapasan pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII materi pokok Sistem Pernapasan pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Adhyaksa 2 Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitiannya One Group Pretest-Postest Design dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 87,14 (tuntas) dan secara klasikal, 100% (tuntas). Rerata indikator 0,87 (tuntas), dan 0,77 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 97,93% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,70 (baik), dan reliabilitas instrumennya 98,70% (baik). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII materi pokok Sistem Pernapasan pada Manusia di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division, One Group Pretest-Postest Design, Sistem Pernapasan pada Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Oct 2022 06:00
Last Modified: 19 Oct 2022 06:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9595

Actions (login required)

View Item View Item