TEFA, Novrida (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis di SMP Angkasa Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) |
Abstract
Dewasa ini gugatan terhadap dunia pendidikan terus bergema di tengah kemajuan zaman yang terus berubah menuntut dunia pendidikan kita untuk melahirkan generasi yang cerdas dan sampu mengaplikasikan pengetahuannya dalam dunia riil yang dihadapinya. Karena itu sudah seharusnya paradigma pendidikan kita mulai bergeser dari teacher centered ke student centered. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat menjawab persoalan ini adalah strategi pembelajaran Inkuiri (SPI). Strategi ini diyakini dapat membelajarkan siswa untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah-masalah dan bisa mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Masalah pokok pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMP Angkasa PenfuiKupang Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Angkasa Penfui-Kupang melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) pada materi pokok fotosintesis tahun ajaran 2013/2014. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design Dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata uji awal (UI) 23,4 mengalami peningkatan pada uji akhir (U2) 80,4 % (tuntas) dan secara klasikal, 88% (tuntas). Rerata indikator 0,85 (tuntas), dan 0,36 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 96,94% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,59 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,54% (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMP Angkasa Penfui-Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI), One Group Pretest-Posttest Desain, Hasil belajar, Fotosintesis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 05:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 05:43 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9615 |
Actions (login required)
View Item |