Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Negeri 12 Kota Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

LIKU, Roli Yufinda (2014) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Negeri 12 Kota Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, memberikan dampak tersendiri terhadap berbagai bidang kehidupan manusia dan salah satu diantaranya yaitu bidang pendidikan. Dalam menghadapi perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, maka seharusnya disertai dengan meningkatnya sumber daya manusia. Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas diperlukan peningkatan mutu pendidikan. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together Efektif Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi, Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Negeri 12 Kota Kupang Tahun Ajaran 2013/ 2014?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together (NHT ) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII pada materi pokok ekosistem di SMP Negeri 12 Kota Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Kota Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VIID. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) Rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, 85.24 (tuntas) (2) secara klasikal, 100% (tuntas) (3) Rerata indikator 0,86 (tuntas), (4) 0,46 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. (5) Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 97,61% (baik), (6) skor rarata guru dalam mengelola pembelajaran 3,77 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,06% (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together (NHT )efektif terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII pada materi pokok ekosistem di SMP Negeri 12 Kota Kupang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan, Numbered Heads Together (NHT), One Group Pretest-Postest Design, Hasil belajar, Ekosistem.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 21 Oct 2022 05:53
Last Modified: 21 Oct 2022 05:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9621

Actions (login required)

View Item View Item