DAHANG, Florianus (2014) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Layanan Bimbingan Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS-1 SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (83kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (39kB) |
Abstract
Judul skripsi: hubungan antara persepsi siswa tentang layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar (studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI IPS-1 SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng tahun pelajaran 2013/2014). Masalah penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara persepsi siswa tentang layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPS-1 SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPS-1 SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan tingkat kepercayaan 95%, kemudian dikonsultasikan atau dibandingkan dengan harga kritik r product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung = 0,536, hasil ini lebih besar dari harga r tabel = 0,349 pada taraf kepercayaan 95%, yang mengatakan bahwa ada hubungan antara persepsi siswa tentang layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPS-1 SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yakni ada hubungan antara persepsi siswa tentang layanan bimbingan belajar dengan motivasi belajar. Artinya layanan bimbingan belajar yang diberikan pada siswa kelas XI IPS-1 SMAK St. Fransiskus Saverius Ruteng tahun pelajaran 2013/2014 dapat mempengaruhi motivasi belajar mereka. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada : a) kepala sekolah, agar selalu memberikan informasi-informasi terkait pemahaman yang benar tentang layanan bimbingan belajar sehingga siswa dapat berkembang dengan motivasi atau semangat belajar yang terus meningkat. b) Wali kelas, agar bisa bekerjasama dengan guru BK dalam membantu mengembangkan motivasi belajar siswa. c) Guru mata pelajaran, untuk memperluas wawasan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya memotivasi siswa. d) Guru BK, agar lebih berperan aktif dalam menciptakan hubungan kerjasama yang baik dengan personil sekolah untuk selalu memberikan informasi tentang layanan bimbingan belajar kepada siswa. e) Siswa-siswi agar mampu memahami pemberian layanan belajar oleh guru BK secara benar sehingga mampu memotivasi diri untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 26 Oct 2022 07:12 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 07:12 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9804 |
Actions (login required)
View Item |