KUBIK, Petrus Kanisius Ardy (2018) Pengaruh Gaya Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMPK Santa Maria Assumpta Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (597kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (33kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (18kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang yang terdiri dari 4 kelas dan sampel penelitiannya yaitu satu kelas dengan menggunakan teknik random sampling yang diambil secara acak untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes prestasi belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Dari hasil output SPSS 22 for windows, berdasarkan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas, gaya belajar dan aktivitas belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Pada analisis regresi berganda gaya belajar dan aktivitas belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika, dan diperoleh persamaan-persamaan regresi Y = 46,766 + 0,527 X1 + 0,040 X2 dan nilai Fhitung = 3,747 3,43 = Ftabel, maka H0 diterima, artinya ada pengaruh gaya belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang. Berdasarkan hasil output SPSS 22 for windows, uji F gaya belajar dan aktivitas belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan secara uji t, gaya belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika sedangkan aktivitas belajar tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial dari gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2017/2018, tidak ada pengaruh yang signifikan secara parsial dari aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2017/2018, ada pengaruh yang signifikan secara simultan dari gaya belajar dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPK Sta.Maria Assumpta Kupang tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 00:20 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 00:20 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9921 |
Actions (login required)
View Item |