Penerapan Teknik Intonasi Pada Paduan Suara Sejenis Wanita Dengan Model Lagu Look At The World Karya John Rutter Pada Siswi Minat Musik SMA Negeri 2 Kota Kupang

RAGA, Camelia Mathilde (2023) Penerapan Teknik Intonasi Pada Paduan Suara Sejenis Wanita Dengan Model Lagu Look At The World Karya John Rutter Pada Siswi Minat Musik SMA Negeri 2 Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)

Abstract

Intonasi memiliki makna pada ketepatan dalam suatu nada (pitch). Bunyi nada yang tepat tentunya akan menghasilkan suara yang jernih serta nyaring dan enak didengar, sebaliknya dalam nada yang tidak tepat akan bisa menghasilkan suara yang sumbang. Untuk menguasai teknik intonasi yang tepat, diperlukan latihan olah vokal secara teratur. Jika kita bernyanyi maka setiap nada yang keluar akan membentuk melodi dari sebuah lagu. Dalam sebuah paduan suara, Intonasi yang baik dari setiap jenis suara dibutuhkan agar bunyi yang di hasilkan menjadi harmonis dan enak didengar. Teknik intonasi adalah teknik membidik nada berdasarkan tinggi rendahnya secara tepat dan akurat dalam bernyanyi. SMA Negeri 2 Kota Kupang memiliki kegiatan ekstrakurikuler salah satunya adalah paduan suara sejenis wanita. Didalam paduan suara tersebut, peneliti menemukan masalah yaitu ketidak tepatan membidik nada sehingga bunyi yang dihasilkan terdengar tidak harmonis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan teknik intonasi pada paduan suara sejenis wanita SMA Negeri 2 Kota Kupang, dan bagaimana pengaruh penerapan teknik intonasi pada paduan suara sejenis Wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik intonasi pada paduan suara sejenis wanita SMA Negeri 2 Kota Kupang, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik intonasi pada paduan suara sejenis wanita. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah tindakan lapangan berupa penelitian deskriptif yaitu tentang penggunaan metode solfegio dan metode drill dalam penerapan teknik intonasi pada paduan suara sejenis wanita. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelompok paduan suara sejenis wanita ini mampu menerapkan teknik vokal intonasi dalam bernyanyi paduan suara pada model lagu Look At The World dengan cukup baik. Dalam hal ini mereka mampu bernyanyi dengan intonasi nada yang tepat dan sesuai dengan nilai not.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Intonasi, Paduan Suara Sejenis Wanita, Metode Solfegio, Metode Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Mathilde Camelia Raga
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:15
Last Modified: 04 Sep 2023 00:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item