Menerapkan Permainan Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Sili Abar Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa Kelas XI SMA Widya Bhakti Ruteng Kabupaten Manggarai

MBANG, Fransiskus (2023) Menerapkan Permainan Ansambel Gitar Dengan Model Lagu Sili Abar Menggunakan Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa Kelas XI SMA Widya Bhakti Ruteng Kabupaten Manggarai. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)

Abstract

Ansambel sejenis merupakan jenis permainan alat musik secara berkelompok yang terdiri dari beberapa pemain alat musik yang memainkan lagu secara bersama-sama dengan menggunakan satu model alat musik yang sama. Dengan ini peneliti mengambil Ansambel Musik Sejenis Gitar dengan lagu Sili Abar menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa kelas XI Sma Widya Bhakti Ruteng Kabupaten Manggarai. Masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana upaya menerapkan permainan ansambel gitar klasik dengan lagu Sili Abar menggunakan metode imitasi dan drill pada siswa kelas XI Sma Widya Bakti Ruteng. 2. Mengapa kekompakan dalam bermain musik sangat penting dan diperlikan oleh siswa XI Sma Widya Bakti Ruteng. Penelitian ini bertujuan, 1. Untuk mengetahui proses pembelajaran menerapkan permainan musik ansambel gitar klasik dengan lagu Sili Abar pada siswa XI Sma Widya Bakti Ruteng. 2. Untuk membuat siswa lebih mengerti dan lebih memahami tentang pentingnya kekompakan dalam permainan ansambel gitar dengan lagu Sili Abar. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan tindakan lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Sma Widya Bhakti Ruteng dengan jumlah IV (4 orang). Dalam musik ansambel ini, peneliti menggunakan empat gitar, yaitu kelompok gitar I untuk melodi (2 orang). Gitar II untuk iringan (1 orang). Gitar III untuk bas (1 orang). Lagu Sili Abar diciptakan oleh Felix Edon salah satu penyanyi sekaligus pencipta lagu dari daerah Manggarai. Lagu ini berisi tentang kekaguman terhadap seorang gadis cantik dan memiliki keterampilan menenun songke, namun untuk siapapun laki-laki yang ingin bertemu dengannya, harus mampu melewati tantangan dan rintangan. Metode imitasi merupakan proses belajar yang dilakukan dengan cara meniru bahan ajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa, kegiatan ini meliputi mendengar dan mengamati keterampilan-keterampilan teknik yang diajarkan. Metode drill merupakan salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada kegiatan latihan yang berulang-ulang secara terus menerus untuk menguasai kemampuan atau keterampilan tertentu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, dalam menerapkan permainan ansambel gitar siswa dapat mengerti dan memahami tentang permainan musik secara berkelompok atau ansambel, sehingga secara perlahan meningkatkan kekompakan siswa dalam bermain musik ansambel dengan memberikan interaksi sosial musik. Dengan melatih kekompakan, dapat merangsang siswa agar dapat mengerti dan memahami bagaimana pentingnya bermain musik ansambel secara berkeompok guna menyajikan permainan ansambel yang baik untuk dinikmati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ansambel Sejenis, Lagu Sili Abar, Metode Imitasi dan Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Pd Fransiskus Mbang
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:34
Last Modified: 04 Sep 2023 00:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item