MASI, Elisa Bellyah (2022) Peran Konseling Individual untuk Mengatasi Perilaku Bullying Peserta Didik di Sekolah. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (405kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (321kB) |
Abstract
Judul skripsi : Peran konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah. Masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Mengapa konseling individual digunakan untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah? 2) Bagaimana prosedur penggunaan konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah? 3) Apakah penggunaan konseling individual efektif mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah? Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui 1) Alasan penggunaan konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah 2) Prosedur penggunaan konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah 3) Efektivitas penggunaan konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah. Metode kajian yang digunakan peneliti adalah studi kepustakaan, objek kajian dalam penulisan skripsi ini adalah konseling individual dan perilaku bullying, sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data sekunder dan jenis data adalah jenis data kualitatif. Hasil pembahasannya adalah; konseling individual perlu diberikan kepada peserta didik yang melakukan bullying karena melalui konseling individual dapat membantu memfasilitasi peserta didik melakukan perubahan perilaku, mengkonstruksi pikiran, mengembangkan kemampuan mengatasi situasi kehidupan, membuat keputusan yang bermakna bagi dirinya dan berkomitmen untuk mewujudkan keputusan dengan penuh tanggungjawab dalam kehidupannya. Prosedur penggunaan konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah dilaksanakan melalui tahap-tahap konseling individual sebagai berikut: tahap awal, tahap pertengahan dan tahap akhir. Efektivitas konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik dibuktikan dengan hasil penelitian Sulistiyah (2015), penelitian Suryadi dan Nasution (2019) serta hasil penelitian Ferdian (2012). Bertolak dari hasil pembahasan di atas, maka peneliti memberikan saran kepada; 1) konselor/guru BK diharapkan agar dapat menambah wawasan pengetahuan dan keterampilan tentang pelaksanaan konseling individual agar dapat dimanfaatkan untuk mambantu mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah. 2) Peneliti diharapkan agar dapat meningkatkan keterampilan dalam mengaplikasikan konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying peserta didik di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 00:45 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 00:45 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/11649 |
Actions (login required)
View Item |