Upaya Pembelajaran Ansambel Sejenis Gitar Dengan Model Lagu Kini Tiba Saatnya dengan Metode Drill dan Imitasi Pada Siswa/Siswi Minat Gitar Smask Bhaktyarsa Maumere

MEGA, Dionisius Torino Padi (2021) Upaya Pembelajaran Ansambel Sejenis Gitar Dengan Model Lagu Kini Tiba Saatnya dengan Metode Drill dan Imitasi Pada Siswa/Siswi Minat Gitar Smask Bhaktyarsa Maumere. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (299kB)

Abstract

Pembelajaran alat musik gitar pada siswa/siswi SMASK Bhaktyarsa Maumere merupakan kegiatan ektrakurikuler di sekolah sebagai bagian dari upaya mengembangkan serta meningkatkan bakat siswa dalam bidang musik yang mereka miliki. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaiman upaya memperkenalkan ansambel gitar dengan lagu kini tiba saatnya melalui metode imitasi dan drill pada siswa/ siswi minta gitar SMASK Bhaktyarsa Maumere dalam tangga nada e mayor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui proses pembelajaran ansambel sejenis gitar dengan lagu model kini tiba saatnya menggunakan metode imitasi dan drill bagi siswa/siswi minat gitar Smask Bhaktyarsa Maumere. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode tindakan lapangan. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanakan pembelajaran gitar ini dilakukan melalui 3 tahap yakni, tahap awal perekrutan anggota pemain gitar dan penentuan jadwal latihan, tahap inti terdiri dari melatih etude-etude dalam teknik apoyando pada tangga nada e mayor dan teknik arpegio E, B7, A, G#m, F#m, A7, melatih melodi pada pola iringan lagu secara bertahap dari birama 1-17, serta tahap pemantapan dimana para siswa/siswi memainkannya sebelum dipentaskan. Tahap akhir dari penelitian ini yaitu melakukan pementasan ansambel. Dalam pembelajarannya peneliti menemukan kesulitan yang dialami siswa/siswi terutama memainkan lagu di mana jari para siswa/siswi masih sedikit saat memetik ataupun saat berpindah kunci sehingga suara yang dihasilkan menjadi sumbang. Selanjutnya saat bermain bersama para siswa/siswi masih kurang kompak dan juga dalam penguasaan tempo. Untuk mengatasi kesulita itu peneliti melakukan latihan secara terus menerus dan juga memberikan contoh kepada siswa untuk ditiru secara berulang-ulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Ansambel Sejenis Gitar dengan Lagu Model Kini Tiba Saatnya pada Siswa/siswi Minta Gitar SMASK Bhaktyarsa Maumere ini dalam prosesnya siswa/siswi mengalami kesulitan namun semua hal tersebut dapat diatasi dengan metode drill yang dilakukan secara berulang-ulang dan imitasi yakni peneliti memberikan contoh lalu ditiru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ansambel Gitar, Teknik Arpegio, Apoyando, Siswa/siswi, Metode Imitasi dan Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 01 Mar 2023 05:31
Last Modified: 01 Mar 2023 05:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/12136

Actions (login required)

View Item View Item