DASOR, Servasius Walter (2024) Analisis Pengaruh Lebar Efektif Jalan Terhadap Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Kendaraan Sepeda Motor dan Kendaraan Berat (Studi Kasus: Ruas Jalan Soekarno-Hatta Sampai Monumen Pancasila Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (28kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
Abstract
Arus Lalu Lintas campuran adalah Arus lalu lintas yang dilalui oleh berbagai jenis/type kendaraan. Nilai Satuan Mobil Penumpang (SMP) penting untuk studi aliran lalu lintas campuran. Komposisi lalu lintas yang bervariasi perlu diubah kedalam satuan SMP, maka tipe-tipe kendaraan memiliki nilai konversi yang dinamakan Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP). Besarnya nilai Ekivalensi Mobil Penumpang dan berbagai tipe kendaraan yang berbeda untuk suatu daerah, maka mempengaruhi beberapa faktor, seperti karakteristik kendaraan, jalan, lingkungan, dan keadaan pengendalian lalu lintas. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Kecepatan dan metode analisis regresi liniear sederhana. Berdasarkan perhitungan nilai emp kendaraan sepeda motor dan kendaraan berat dengan menggunakan metode kecepatan di jalan Soekarno-Hatta Kota Kupang, kemudian hasil perhitungan dibandingkan dengan PKJI 2023. Data geometrik jalan Soekarno-Hatta dapata dilihat pada tabel 4.1 dan tipe jalan di lokasi memiliki perbedaan pada setiap segmen di jalan perkotaan. Sedangkan volume lalu lintas pada hari senin di jam puncak 07.00-08.00 WITA dengan jumlah kendaraan yang melintasi titik pengamatan yaitu sebesar 2488 unit kendaraan yang dapat di lihat pada tabel 4.2. Nilai yang diterapkan PKJI 2023 dapat digunakan sebagai acuan perbandingan dengan hasil perhitungan (analisis) emp, jika data kendaraan dengan jumlah arus total (kend/jam) ≥ 1800 maka nilai emp HV yaitu 1,20 dan emp MC yaitu 0,35, dapat dilihat pada tabel 2.1. Dari hasil perhitungan analisis regresi liniear sederhana didapat bahwa, lebar efektif jalan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai emp kendaraan sepeda motor yaitu dapat di lihat pada multiple R 0,52 merujuk pada tabel 2.7 yaitu tabel korelasi, dimana nilai korelasi 0,40-0,599 maka termasuk dalam kategori agak rendah. Sedangkan kendaraan berat dapat di lihat pada multiple R 0,76 merujuk pada tabel 2.7 yaitu tabel korelasi, dimana nilai korelasi 0,60-0,799 maka termasuk dalam kategori cukup berpengaruh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekivalensi Mobil Penumpang, Arus Lalu Lintas, Satuan Mobil Penumpang |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Servasius Walter Dasor |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:20 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:20 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/17429 |
Actions (login required)
View Item |