BRIA, Yohanes Aris (2024) Strategi Pengelolaan Lahan Parkir (Study Kasus Super Top Maulafa). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (556kB) |
|
Text
BAB l.pdf Download (868kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR PUSRTAKA DAN SUKET BEBAS PLAGIAT.pdf Download (877kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (556kB) |
Abstract
Kota Kupang merupakan salah satu kota di Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan yang semakin pesat. Hal ini menyebabkan masalah transportasi seperti masalah kemacetan dan ketidaknyamanan berlalu lintas sebagaimana kota-kota lainnya. Salah satu tempat yang mengalami kemacetan akibat masalah tempat parkir yang tidak memadai adalah Super Market ,Supertop yang berada di jalan Amabi kecatamatan Maulafa, kota kupang, toko Supertop saat ini termasuk salah satu tempat perbelanjaan yang banyak pengunjungnya karena letaknya yang sangat strategis. Tata guna lahan tingkat aktivitas tinggi, maka tarikan menuju tempat tersebut juga akan tinggi. Jumlah kendaraan yang meningkat, jenis kendaraan pribadi, akan menyebabkan peningkatan kebutuhan akan tempat parkir. Dengan kata lain, luas lahan parkir yang tersedia harus mampu memenuhi kebutuhan parkir ditempat tersebut. Ketersediaan tempat parkir yang tidak memadai mengakibatkan sebagian sebagian pengunjung menggunakan badan jalan untuk dijadikan tempat parkir lebar jalan yang terpakai oleh kegiatan parkir tentu mengurangi kemampuan jalan tersebut dalam menampung arus kendaraan yang lewat atau dengan kata lain terjadi penggurangan kapasitas ruas jalan. Data primer yang diperlukan diperoleh dari hasil survei atau pengamatan dan pengukuran langsung pada lokasi ruas jalan yang ditinjau. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah metode observasi (pengamatan) untuk mengetahui pengaruh parkir. Metode dokumentasi berupa pengambilan gambar memperkuat hasil penelitian, dokumentasi bisa berbentuk tulisan maupun gambar. Hasil dari survei akan digunakan untuk menyusun strategi atau cara mengatasi masalah parkiran dan kapasitas lalu lintas sedangkan data sekunder diperoleh dari peraturan pemerintah/walikota. Data Akumulasi kendaraan parkir dibedakan untuk motor dan mobil, kemudian di masukan ke dalam formulir survei Akumulasi kendaraan parkir. Data yang diambil meliputi kendaraan yang sudah ada, kendaraan masuk (Entry) dan Kendaraan keluar (Exit) pada setiap bangunan yang ditinjau. Jumlah surveyor yaitu 2 atau lebih surveyor di bangunan Super Top Maulafa, dilakukan setiap periode 15 menit. Setelah melakukan survei volume kendaraan parkir maka dapat diperoleh volume dalam setiap jam-nya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel hasil survei dan rekapitulasi volume kendaraan motor dan mobil yang ditinjau.Kapasitas ruang parkir merupakan kemampuan maksimum ruang tersebut dalam menampung kendaraan. Data yang digunakan adalah durasi parkir, data jumlah petak parkir eksisting dan lamanya pengamatan dalam jam. Contoh perhitungan kapasitas pada bangunan Super Top Maulafa untuk motor dan perhitungan selanjutnya dapat dilihat pada tabel 4.13 dan 4.14 berikut: Diketahui : Jumlah kendaraan (S) 70 Petak Rata-rata durasi parkir (D) 33 menit / 60 0,55 jam Kapasitas 70/ 0,55 127 kendaraan/jam Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data, penulis memperoleh kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian mengenai Strategi pengelolaan lahan parkir karakteristik pada Super top maulafa selama 1 minggu sebagai berikut: 1. Mengetahui volume, akumulasi, durasi parkir exsisting di super top maulafa a) Volume Dari hasil survei selama 1 minggu diperoleh data rata- rata motor / jam untuk hari senin 199 motor, selasa 284, rabu 262, kamis 251, jumad 231, sabtu 281, minggu 242, sedangkan mobil untuk hari senin 46, hari selasa 65, hari rabu 68, hari kamis 80, hari jumad 56, hari sabtu 58 hari minggu 56. b) Akumulasi Dari hasil survei selama 1 minggu diperoleh data rata- rata motor dan mobil / jam untuk motor hari senin 144, hari selasa 244 hari rabu 196, hari kamis 192, hari jumad 196, hari sabtu 222, hari minggu 189 sedangkan mobil untuk hari senin 31, hari selasa 42, hari rabu 50, hari kamis 57, hari jumad 42, hari sabtu 41, hari minggu 42. c) Durasi Dari hari survei selama 1 minggu diperoleh data yang akurat dan diambil meliputi kendaraan masuk dan kendaraan keluar, dan untuk mendapatkan hasil durasi adalah kendaraan keluar dikurangi kendaraan masuk, dan nilai rata-rata yang diperoleh untuk motor dan mobil Hari senin 00,27 menit, hari selasa 33 menit, rabu 21 menit kamis 22 menit jumad 24 menit sabtu 23 menit, minggu 22 menit 2. Strategi pengelolaan parkir di area Super Top Maulafa dapat difokuskan pada optimalisasi kapasitas parkir dengan menata ulang pola parkir di zona yang padat seperti zona A dan B, serta memanfaatkan ruang kosong di zona C dan D. Penempatan petugas parkir yang terlatih dan penambahan tanda-tanda petunjuk serta informasi real-time tentang ketersediaan parkir juga sangat penting untuk membantu pengunjung menemukan tempat parkir dengan efisien dan mengurangi kemacetan. Sementara itu, pengendalian parkir harus difokuskan pada pengaturan parkir on-street untuk mencegah kemacetan akibat parkir di badan jalan, dengan memastikan fasilitas parkir yang disediakan mencukupi dan sesuai dengan standar, serta meningkatkan pengawasan dan penegakan aturan parkir melalui penempatan petugas yang mengarahkan pengendara untuk tidak parkir di area on-street. Dengan pendekatan ini, pengelolaan dan pengendalian parkir di area Super Top Maulafa dapat berjalan lebih tertib, efisien, dan nyaman bagi pengunjung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemacetan, Lalulintas, Transportasi, Lahan Parkir. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | YOHANES ARIS BRIA |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 03:46 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 03:46 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18430 |
Actions (login required)
View Item |