Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Interaksi Antara Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di Smp Pelita Hati Baumata Tahun Ajaran 2024/2025

KOA, Benediktus Yoreno (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Interaksi Antara Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di Smp Pelita Hati Baumata Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Hasl belajr mengambarkan bagimana pesrta ddik mempeljari proses dan memanfakan pengetahan. Hasil belajr yang tidk mencapai KKM bisnya disebbkn oleh bebrapa faktor yang berasl dari gru mapun peerta ddik, salah satunyaadalah pesrta didik kesulian memahmi matri pembelajarn. Kesultan meahami materi pembelajarn pada peerta didik tidk hanya dialmi pada mteri yang bersift hitungn saja, tapi juga pada matri biolgi yang diangap sebagai mata pelajarn haflan. Jenis penelitan yag digunkan olh peliti adalh penlian kuantiatif denan metde Qusi Eksperimet. Populasi Dari penlitian, yag menjdi poplasi adlah selurh pesrta didk Di SMP Pelita Hati Baumata Tahun Ajaran 2024/2025. Sedangkan, sampel yang digunkan dalm penelitan ini adalh pesrta didik kelas VII A dan kelas VII B SMP Pelita Hati Baumata Tahun Ajaran 2024/2025. Teknik pengmbilan sampel dengan mengunakan teknik purposive sampling. Hasil penlitian uji hipoteis yang telh dilakukn mennjukan bahwa pembelajran degan menunakan modl Probem Basd Learnng Memberkan Pengruh Terhdap Hasl Belajr Pesrta Ddik Kels VII Inteaksi Antara Makhluk Hidup Dengan Lingkunganya Di SMP Pelita Hati Baumata 2024/2025. dri nili rat-rata pretst dan postest yng menujukkan hsil postest lebh baik dibndingkan dengan hasil pretest. Pda kels eksperimn rata-rata nilai pretetnya 55,75. sedangkan raa-rata posttestnya 85. Pda kelas kontrl rta-rata nili prtestnya 40 sedangkan rata-rta postestnya 78.Ditemkan pada kelas eksperimn memliki nlai hasil belajar yang lebih tinggi dari kels kontol. Dan analsis nomalisasi gin, keda kels menglami penngkatan dengn ketuntan klasikal sebesar 92% dibandigkan kels kntrol dengn persntase ketuntaan sebsar 76%. hal ini di sebabkn kels eksperimn di berikn perlakan berpa modl pembeljran. Berdarkan hail penelitin dan pembahsan dari data yang diperoleh maka dapat disimpukan bawa Modl Pembelajran Prblem Basd Learnng Berpengruh Terhadp Hasl Beljar Peseta Didk Kels VII Interaksi Antara Makhluk Hiup Dengn Lingkungnya Di SMP Pelita Hati Baumata 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learnng Hasil Belajar Pesrta Didik, Intraksi Antara Makhlk Hidup Dengn Lingkungnnya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Benediktus Yoreno Koa
Date Deposited: 23 Sep 2025 06:28
Last Modified: 23 Sep 2025 06:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22211

Actions (login required)

View Item View Item