PELURU, Patrisia Magdalena (2025) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Sel di SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (703kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang di peroleh sebagai peserta didik setelah proses belajar berlangsung yang dapat memberikan perubahan baik tingka laku, sikap dan keterampilan Peserta didik, sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu indikator tercapai atau tidaknya proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan masalah yang ditemukan adalah hasil belajar peserta didik yang rendah dikarenakan proses pembelajaran guru masih menggunakan pembelajaran yang kurang variatif sehingga membuat peserta didik cenderung lebih pasif di kelas. Agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat adalah dengan menggunakan Model Discovery Learning . Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada materi sel di SMA Negeri 1 Kupang. Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh dari Pretest adalah 41,86 meningkat menjadi 80,30 setelah diberi posttest. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 45,47 meningkat menjadi 74,66 setelah diberi posttest. Hasil Uji Anacova, menunjukan perolehan nilai p =0,000 dimana berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan jika signifikan <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan modelDiscovery Learning terhadap hasil belajar Peserta Didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Sel Di SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2024/2025
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Materi Sel |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QR Microbiology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Patrisia Magdalena peluru |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:21 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 02:21 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/23003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
