Penerapan Teknik Role Playing Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa-siswi Kelas XI IIS4 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

GERODA, Veronika Yasintaderan (2020) Penerapan Teknik Role Playing Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa-siswi Kelas XI IIS4 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK IN.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 1 IN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II IN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III IN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV IN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan tekink role playing melalui bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku bullyingsiswa kelas XI IIS4 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan tekink role playing melalui bimbingan kelompok dalam mengurangi perilaku bullying siswa kelas XI IIS4 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Design model A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok. Teknik analisis data dilakukan secara individual dengan mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap baseline1 dan fese sesudah treatmen serta menggambarnya dalam grafik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku bullying siswa kelas XI IIS4 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian maka hipotesis nol (Ho), yang menyatakan bahwa penerapan teknikrole playing melalui layanan bimbingan kelompok tidak dapat mengurangi perilaku bullying siswa kelas XI IIS4 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020 ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) menyatakan bahwa penerapan teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku bullying siswa kelas XI IIS4 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2019/2020 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini,peneliti mengemukakan saran sebagai berikut: 1) Bagi kepala sekolah: hendaknya selalu memantau pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah bagi siswa yang mengalami masalah khususnya masalah tentang perilaku bullyingdi sekolah.2) Bagi guru BK: diharapkan lebih aktif lagi dalam membantu mengentaskan masalah yang dihadapi oleh siswa khususnya perilaku bullying siswa yang dapat mengganggu kegiatan belajar siswa di sekolah.3) Wali kelas: hendaknya bekerja sama dengan guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan mengunakan teknik role playing untuk menyelesaikan masalah khususnya masalah perilaku bullying di sekolah.4) Bagi Siswa: diharapkan lebih aktif dalam mengikuti dan memanfaatkan layanan BK khususnya layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk pengurangan perilaku bullying siswa di sekolah .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 30 Sep 2021 05:02
Last Modified: 30 Sep 2021 05:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4268

Actions (login required)

View Item View Item