Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Melalui Studi Pustaka

RENGI, Irene (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran hasil belajar peserta didik rendah dikarenakan sebagian Peserta Didik kurang aktif.Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajarIPA peserta didik kelas VIII melalui studi pustaka.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan berbagai macam sumber pustaka yang relavan berupa skripsidan jurnal. Data yang ada kemudian diuraikan secara sistematis untuk mempermudah penulis dalam menyelesaikan masalah yang sedang diteliti dan setelahnya penulis akan mengidentifikasi wacana dari sumber yang ada untuk memperoleh hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII melalui studi pustaka yang menggunakan model Inkuiri terbimbing sebelum dan sesudah diberi perlakuan nilai rata-rata pretest-Nya 47,7ke posttest-Nya 80,7peningkatnyayaitu 33. Hal ini dikarenankan data hasil penelitian yang didapat berupa nilai posttest semuanya mengalami peningkatan setelah menggunakan model Inkuiri terbimbing, dan nilai rata-rata posttest yang didapat semuanya sudah memenuhi standar ketuntasan maximum yang telah ditetapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII melaluistudi pustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Peningkatan Hasil BelajarIPAPeserta Didik, Studi Pustaka.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:02
Last Modified: 22 Oct 2021 01:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item View Item