Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Melalui Studi Pustaka

KOTA, Maria Oliva (2020) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, adalah rendahnya hasil belajar IPA. Hal tersebut dikarenakan beragam alasan sesuai yang terjadi di masing-masing sekolah pada jenjang pendidikan SMP yang terdapat di NTT, maupun di kota-kota lain di Indonesia, sesuai dengan sumber kepustakaan yang dikaji peneliti baik yang bersumber dari skripsi maupun jurnal. Yang pada ahirnya permasalahan-permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPA melalui studi pustaka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Data di kumpulkan melalui studi kepustakaan berupa skripsi dan juga jurnal, data yang ada kemudian diuraikan secara sistematis untuk mempermudah peneliti dalam menyesaikan masalah yang sedang diteliti dan setelahnya peneliti mengidentifikasi wacana dari sumber yang ada untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan diterapkan model problem based learning dan diukur dengan pretes sebelum pembelajaran dengan model problem based learning juga post test setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model problem based learning, menunjukan adanya peningkatan perolehan hasil belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model Problem Based Learning, hasilbelajarIPA,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:31
Last Modified: 22 Oct 2021 01:31
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item