Evaluasi Geomertik Jalan Berkaitan Dengan Tingkat Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Lokasi Studi Jl. Moch Hatta Kupang Nusa Tenggara Timur)

XIMENES, Simao (2020) Evaluasi Geomertik Jalan Berkaitan Dengan Tingkat Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Lokasi Studi Jl. Moch Hatta Kupang Nusa Tenggara Timur). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1 COVER - ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
6 BAB V PENUTUP.pdf

Download (123kB)

Abstract

Sebagai Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, ketersediaan dan kualitas pelayanan prasaran transportasi di Kota Kupang, sangat diperlukan untuk menjaga aktifitas Lalu Lintas, pemerintahan dan berbagai kegiatan lainnya. Pokok permasalahan berdasarkan informasi dari pihak terkait, Persimpangan ini memiliki peran yang sangat penting terhadap sistem transportasi jalan perkotaan akan tetapi pertigaan ini masih memiliki tingkat keselamatan transportasi jalan yang relatif tinggi karena pada pertigaan ini tidak tersedia fasilitas pengaturan lalu lintas sehingga memicu terjadinya tingkat risiko kecelakaan dan kecepatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi risiko kecelakaan pada persimpangan ini yaitu faktor peluang risiko, dan faktor konsekuensi. Berdasarkan hasil analisis pada persimpangan ini maka jarak reaksi dan downshifting 17,93 m, jarak pengereman 4,01 m, rerata 8,06 m JPH minimum 21,94 m. peluang dibawah rerata 0,87, dan impact speed 38,66 m, kecepatan benturan 30 km/jam, jarak pandang henti lapangan 19 m, analisis kecepatan rata-rata pada saat pengendara melihat objek dengan jarak 30 km/jam, jarak pengereman 3,37 m, dan sisa jarak rem ketika kendaraan berhenti total adalah 0,01 m. Konsekuensi hasil analisis kecepatan benturan dapat diketahui dari kurva bahwa 18% pengendara berpotensi luka-luka pada persimpangan ini dengan kecepatan yang melaju 30 km/jam. Berdasarkan risiko kecelakaan maka peluang terjadinya kecelakaan nilainya 4 (sangat kecil) konsekuensi 18% dengan nilainya (sedang), sehingga risiko yang yang terjadi pada persimpanagan ini nilainya 4,00 - 9,99 (sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peluang, konsekuensi, resiko
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 27 Oct 2021 00:42
Last Modified: 27 Oct 2021 00:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item View Item