Efektifitas Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Tidak Disiplin Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Di Kelas (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIf SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018)

RODRIQUES, Alfrida Loe (2018) Efektifitas Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Tidak Disiplin Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Di Kelas (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIIf SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)

Abstract

Judul skripsi : Efektifitas penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku tidak disiplin belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas. (Studi Deskriptif Kuantitatif pada siswa-siswi kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi perilaku tidak disiplin belajar siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui Efektifitas penerapan teknik modeling melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku tidak disiplin siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe praeksperimen. Instrumen penelitian berupa panduan pelaksanaan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok dan pedoman observasi. Analisis dilakukan secara individual yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap Baseline 1 dan baseline 2 dan menggambarnya dalam grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecenderungan / trend stabilitas perubahan level yang terjadi pada fase Baseline 1 dan fase baseline 2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan teknik modeling simbolis melalui layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi perilaku tidak disiplin belajar siswa-siswi dalam mengikuti pelajaran di kelas pada SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2017/2018, yang dibuktikan dengan perubahan level yang cenderung tinggi pada fase baseline 1, dan terjadi pengurangan setelah dilakukan treatment (Baseline A2). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengemukakan saran kepada: 1). Kepala sekolah selaku penanggungjawab seluruh kegiatan di sekolah lebih memperhatikan perilaku disiplin siswa disekolah. 2) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan lebih intensif dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik modeling simbolis bagi para siswa yang berperilaku tidak disiplin siswa, sehingga siswa tidak melakukan perilaku yang menyimpang di sekolah. 3) Guru mata pelajaran hendak bekerja sama dengan guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik modeling simbolis untuk menyelesaikan masalah khususnya perilaku tidak disiplin siswa. 4) Siswa diharapkan dapat memanfaatkan bimbingan kelompok yang di berikan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi masalah agar siswa tidak melakukan perilaku tidak disiplin di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:45
Last Modified: 23 Jun 2022 04:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item View Item