Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Pro Sosial Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Klasikal (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII A SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun pelajaran 2015/2016)

BENU, Orance M. (2016) Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Pro Sosial Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Klasikal (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIII A SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang Tahun pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)

Abstract

Judul Skripsi : Pengaruh Penerapan Teknik Sosiodrama melalui Layanan Bimbingan kelompok terhadap Peningkatan Perilaku Pro Sosial Siswa dalam Mengikuti Bimbingan Klasikal pada siswa-siswi SMPK Sancta Familia kupang tahun pelajaran 2015/2016 (Studi Deskriptif Kuantitatif pada siswa-siswi kelas VIII A SMPK Sancta Famili Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016). Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan perilaku pro sosial siswa dalam mengikuti bimbingan klasikal di Kelas VIII A SMPK Sancta Familia Kupang tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku pro sosial dalam mengikuti bimbingan klasikal di kelas VIII A SMPK Sancta Familia Sikumana Kupang tahun Pelajaran 2015/2015 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe praeksperimen. Alat pengumpul data berupa pedoman observasi dan panduan penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Teknik analisis data adalah analisis pra eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Design model A-B (pra-post treatment).Analisis dilakukan secara individual yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap Baseline-1 dan baseline2 dan menggambarnya dalam grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecenderungan/trend stabilitas dan perubahan level yang terjadi pada fase Baseline-1 dan fase baseline-2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan perilaku pro sosial siswa dalam bimbingan klasikal di SMPK Sancta Familia Kupang tahun pelajaran 2015/2016, yang dibuktikan dengan trend stabilitas fase Baseline dan perubahan level kecenderungan arah yakni dari rendah hingga meningkat pada fase sesudah treatment Berdasarkan hasil penelitian di atas hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh dari penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatkan perilaku pro sosial siswa dalam mengikuti bimbingan klasikal di SMPK Sancta Familia Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ditolak., Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatkan perilaku pro sosial siswa dalam mengikuti bimbingan klsikal di SMPK Sancta Familia Kupang tahun pelajaran 2015/2016 diterima Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengemukakan kesimpulan bahwa penggunaan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok meningkatkan perilaku pro sosial siswa dalam mengikuti bimbingan klasikal di kelas VIIIA SMPK Sancta Familia Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengemukakan saran sebagai berikut: 1) Kepala sekolah hendaknya selalu memantau pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah bagi siswa yang mengalami masalah, khususnya masalah perilaku pro sosial siswa di sekolah. 2) Guru BK hendaknya dapat memberikan bimbingan serta motivasi agar siswa dapat berperilaku pro sosial siswa dalam lingkungan sekolah. 3) Siswa perlu mengetahui bahwa sebagai seorang siswa harus berperilaku pro sosial seperti kerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok pada saat mengikuti bimbingan klasikal di kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:17
Last Modified: 06 Jun 2022 02:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6724

Actions (login required)

View Item View Item