Hubungan Antara Pemahaman Diri Dengan Minat Pemilihan Jurusan (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 )

SAMENEL, Yumarci (2016) Hubungan Antara Pemahaman Diri Dengan Minat Pemilihan Jurusan (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Siswa Kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016 ). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Judul skripsi : Hubungan antara pemahaman diri dengan minat pemilihan jurusan pada siswa kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada hubungan antara pemahaman diri dengan minat pemilihan jurusan siswa kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemahaman diri dan minat pemilihan jurusan siswa kelas X tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara tertulis. Alat pengumpul data berupa angket.Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan tingkat kepercayaan 99% dengan (db/df=N-2).Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) pemahaman diri dan variabel terikat (Y) minat pemilihan jurusan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 18 orang. Sampel uji coba instrumen adalah siswa kelas XI SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukan r hitung sebesar = 0,567 kemudian dikonsultasikan dengan nilai r tabel product moment pada taraf kepercayaan 99% sebesar = 0,497. Dengan demikian rhit >rtab. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) yang mengatakan tidak ada hubungan antara pemahaman diri dengan minat pemilihan jurusan siswa kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016 ditolak dan hopotesis alternatif (Ha) yang mengatakan bahwa ada hubungan antara pemahaman diri dengan minat pemilihan jurusan siswa kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016 diterima. Sesuai hasil penelitian ini, peneliti mengemukakan simpulan, bahwa ada hubungan antara pemahaman diri dengan minat pemilihan jurusan siswa kelas X SMA Ki Hajar Dewantoro Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, peneliti mengajukan beberapa saran kepada pihak-pihak yang terkait yaitu: a) Kepala Sekolah, agar dapat mengkoodinir guru-guru dan personil sekolah lainnya untuk mendukung program layanan bimbingan dan konseling sehingga dapat berjalan dengan baik dalam rangka membantu siswa-siswi untuk pengembangan diri mereka. b) Kepada guru bimbingan dan konseling diharapkan agar dapat menyiapkan atau merencanakan program layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan siswa mampu menumbuhkan, mengembangkan, atau meningkatkan pemahaman diri, sehingga siswa mampu memilih jurusan berdasarkan minat yang dimilikinya. c) Bagi siswa diharapkan untuk memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang telah disediakan di sekolah untuk mengembangkan diri khususnya yang berkaitan dengan pemahaman diri dalam pemilihan jurusan berdasarkan minat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:56
Last Modified: 06 Jun 2022 02:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6735

Actions (login required)

View Item View Item