Profil Perilaku Bullying Peserta Didik dan Implikasinya Bagi Program Layanan Informasi

LAWA, Maria Marselina (2022) Profil Perilaku Bullying Peserta Didik dan Implikasinya Bagi Program Layanan Informasi. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)

Abstract

Judul Skripsi Profil Perilaku Bullying Peserta Didik dan Implikasinya Bagi Program Layanan Informasi (studi deskriptif kuantitatif pada peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri Silawan tahun pelajaran 2021/2022). Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana profil perilaku bullying peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri Silawan tahun pelajaran 2021/2022 dan 2) apa implikasi profil perilaku bullying peserta didik kelas VIIIB bagi program layanan informasi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) profil perilaku bullying peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri Silawan dan 2) implikasi profil perilaku bullying peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri Silawan tahun pelajaran 2021/2022, bagi program layanan informasi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa angket perilaku bullying. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kecendrungan pusat. Hasil analisis data penelitian menunjukan X ̅=142,70, SB=14,58 Hasil analisis tersebut dikonsultasikan ke tabel distribusi normal harga z pada taraf signifikansi 1%. Dari hasil konsultasi diketahui bahwa (µ=mu) berada diantara X ̅ - (2,58 × 〖GB〗_X ̅ ) = (X ) ̅+ (2,58 × 〖GB〗_X ̅ ) Dari perhitungan di atas di peroleh µ minimal = 142,70 dan µ maksimal 143,20 maka kecendrungan rata-rata perilaku bullying peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri Silawan tahun pelajaran 2020/2021 adalah: 150,38+135,4 = 285,4/2=142,70 dengan demikian skor rata-rata perilaku bullying peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri Silawan tahun pelajaran 2020/2021 sebesar 142,70 berada diantara rentangan skor 126 –163, termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan saran kepada: a) Kepala sekolah sebagai pemimpin diharapkan agar dapat mengkoordinr semua personil sekolah untuk secara bersama-sama membantu peserta didik dalam mengelola perilaku bullying yang terjadi di sekolah. b) Guru bimbingan dan konseling agar meningkatkan perannya sebagai pembimbing dan meningkatkan kerja sama dengan semua guru mata pelajaran agar secara bersama-sama membantu mengatasi perilaku bullying peserta didik, c) Peserta didik diharapkan dapat mengikuti program layanan informasi yang direncanakan dan dilaksanakan di sekolah sehingga bisa membantu peserta didik untuk melakukan hal yang positif dan bisa mencegah masalah-masalah perilaku bullying yang ada di sekolah. Kata Kunci: Profil Perilaku Bullying, Layanan Informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profil perilaku bullying, layanan informasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Pd Maria Marselina Lawa
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:53
Last Modified: 08 Jul 2022 01:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7073

Actions (login required)

View Item View Item