JELITA, Rofina Finarti (2022) Efektivitas Penggunaan Teknik Self-Management Dengan Strategi Self Monitoring Dalam Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (101kB) |
Abstract
Judul skripsi : Efektivitas Penggunaan Teknik Self Management dengan Strategi Self Monitoring dalam Konseling Kelompok untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1)Mengapa teknik self management dengan strategi self monitoring dalam konseling kelompok dapat digunakan untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa? (2) Bagaimana prosedur penggunaan teknik self management dengan strategi self monitoring dalam konseling kelompok untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa? (3) Apakah penggunaan teknik self management dengan strategi self monitoring dalam konseling kelompok efektif untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa?. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Alasan penggunaan teknik self management dengan strategi self monitoring dalam konseling kelompok untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa. (2) Prosedur penggunaan teknik self management dengan strategi self monitoring dalam konseling kelompok untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa. (3) Efektifvitas penggunaan teknik self management dengan strategi self monitoring dalam konseling kelompok untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Objek kajian dalam penelitian ini yaitu teknik self management dengan strategi self monitoring, konseling kelompok dan kecerdasan emosional. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder berupa buku, artikel dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini dan jenis datanya adalah data kualitatif. Hasil pembahasannya adalah : teknik self management dapat digunakan untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa karena dalam pelaksanaan teknik self management dengan strategi self-monitoring, siswa secara mandiri mencari solusi dari masalah kecerdasan emosional yang difasilitasi oleh konselor. Prosedur penggunaan teknik self management dengan strategi self-monitoring dalam konseling kelompok untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa dilakukan melalui tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan (menggunakan langkah-langkah strategi self monitoring yaitu: rasional strategi, memilih respon, mencatat respon, memetakan respon, mempertunjukkan data dan analisis data) dan tahap pengakhiran. Efektivitas teknik self-mangement dengan strategi selfmonitoring dalam konseling kelompok untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa ini mendapat dukungan empirik dari artikel hasil penelitian Annisa tahun 2017, Sarifatunnisa tahun 2018, Shandi tahun 2015, Putra dan Khairi tahun 2020. Berdasarkan hasil tersebut peneliti mengemukakan saran kepada: (1) Peneliti agar dapat mengimplementasikan pengetahuan yang dimiliki secara lebih baik lagi. (2) Guru BK agar mencari lebih banyak bahan referensi selain skripsi ini untuk dikaji lebih lanjut dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Self Management, Strategi Self Monitoring,Konseling Kelompok, Kecerdasan Emosional. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Pd Rofina Finarti Jelita |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:40 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:40 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9152 |
Actions (login required)
View Item |