Peran Orangtua Dalam Komunikasi Interpersonal Dengan Anak Dalam Proses Belajar Online Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Ibu Dan Anak Di RT 013, RW 011, Kelurahan Bello, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang)

DA COSTA, Eva (2022) Peran Orangtua Dalam Komunikasi Interpersonal Dengan Anak Dalam Proses Belajar Online Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Ibu Dan Anak Di RT 013, RW 011, Kelurahan Bello, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (207kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “PERAN ORANGTUA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN ANAK DALAM PROSES BELAJAR ONLINE SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19 (Studi kasus pada Ibu dan Anak di RT 013, RW 011, Kelurahan Bello, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang).” Sejak munculnya virus covid-19 pada maret 2020, pemerintah indonesia mengambil keputusan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona. Salah satukebijakan di bidang pendidikan dengan menerapkan pembelajaran online dari rumah. Dengan adanya kebijakan tersebut maka peran orang tua sangat penting sebagai penganti guru di rumah, dalam membimbing anak belajar dari rumah saat masa covid-19. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anak dalam proses belajar selama masa pandemi covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orangtua dalam komunikasi interpersonal dengan anak dalam proses belajar online selama masa pandemi covid-19. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini, komunikasi interpersonal orangtua dengan anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode pengumpulan data melalui dua yaitu data primer berupa wawancara dengan orangtua dengan anak sedangkan data skunder berupa referensi dari buku dan jurnal. Pada penelitian ini lokasi yang diambil yaitu RT 013, RT 011, Kelurahan Bello, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. Dengan jumlah informan 8 orang yang terdiri dari 4 orangtua (Ibu) dan 4 orang anak. Berdasarkan hasil wawancara, informan mengatakan bahwa orang tua turut mengambil bagian dalam memotivasi, mendampingi dan memfasilitasi anak dalam proses belajar online di rumah. Hasil temuan berdasarkan analisis data, peran orang tua dalam memotivasi ditemukan orangtua yang emosi dan kurang penguasan materi. Sedangkan dalam mendampingi ada orang tua yang tidak memiliki cukup waktu dalam menemani anak belajar. Dalam memberikan fasilitas kepada anak ada orangtua yang tidak mampu memenuhi keperluan untuk belajar online. Kaitan dengan konsep komunikasi interpersonal orang tua dan anak selama proses belajar online, komunikasi yang terjadi kurang efektif. Penulis menyimpulkan bahwa peran orangtua dalam komunikasi interpersonal dengan anak dalam proses belajar online selama massa pandemi covid-19. Orangtua dengan guru harus membangun komunikasi dan kolaborasi demi memaksimalkan kegiatan belajar. Adapun saran dari penelitian ini yaitu kepada orang tua dapat mengikuti perkembangan belajar anak dengan memotivasi, mendampingi dan memfasilitasi. Kata Kunci : Peran, Proses belajar, pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Proses belajar, pandemi covid-19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.I.Kom EVA DA COSTA
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:04
Last Modified: 23 Sep 2022 05:04
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item View Item