BHEBHE, Vinsensia (2017) Hubungan Antara Perilaku Asertif Dengan Penyesuaian Diri Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas XI MIPA3 SMA Katolik Giovanni Kupang Tahun Pelajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
abstrc.pdf Download (556kB) |
|
Text
1.pdf Download (256kB) |
|
Text
2.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
3.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
Text
4.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
|
Text
5.pdf Download (96kB) |
Abstract
Judul skripsi: Hubungan antara perilaku asertif dengan penyesuaian diri siswa (studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017). Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara perilaku asertif dengan penyesuaian diri siswa kelas XI MIPA 3 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku asertif dengan penyesuaian diri siswa kelas XI MIPA 3 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel penelitiannya adalah perilaku asertif sebagai variabel bebas (X) dan penyesuaian diri sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI MIPA 3 SMA Katolik Giovanni Kupang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIPA 3 SMA Katolik Giovanni Kupang yang berjumlah 31 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan rhitung =0,576 lebih besar dari rtabel =0,367 pada taraf signifikansi 5% artinya ada hubungan yang signifikan antara perilaku asertif dengan penyesuaian diri pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Katolik Giovanni Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku asertif menjadi faktor penentu penyesuaian diri siswa artinya semakin siswa mampu berperilaku asertif, maka siswa mudah menyesuaikan diri. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyampaikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah diharapkan terus bekerjasama dengan guru BK untuk menyusun program bimbingan dan konseling dalam membantu siswa meningkatkan perilaku asertif sehingga siswa mudah melakukan penyesuaian diri di sekolah, 2) Guru BK diharapkan untuk tetap memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa dengan memberikan informasi tentang cara-cara berperilaku asertif sehingga siswa mudah menyesuaikan diri di lingkungan sekolah, 3) Siswa diharapkan dapat meningkatkan perilaku asertif dan mudah menyesuaiakan diri di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 00:49 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 00:49 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/9527 |
Actions (login required)
View Item |