Peran Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur Dalam Mendukung Tata Kelola Panti Asuhan (Studi Kasus Terhadap Penetapan Standar, Pendampingan dan Pembinaan Panti Asuhan St Damian di Kalabahi Kabupaten Alor)

LOBANG, Ningsi Febriani (2024) Peran Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur Dalam Mendukung Tata Kelola Panti Asuhan (Studi Kasus Terhadap Penetapan Standar, Pendampingan dan Pembinaan Panti Asuhan St Damian di Kalabahi Kabupaten Alor). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Dinas Sosial Provinsi NTT Dalam Mendukung Tata Kelolah Panti Asuhan St Damian Kalabahi” tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran Dinas Sosial Provinsi NTT dalam mendukung tata kelola Panti Asuhan Damian Kabupaten Alor. Metode yang diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dikarenakan peneliti bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang terjadi secara nyata, realistis, dan aktual terkait dengan peran Dinas Sosial Provinsi NTT dalam mendukung tata kelola Panti Asuhan Damian di Kabupaten Alor. Untuk menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, dengan mempertimbangkan bahwa informan yang dipilih memiliki pemahaman mendalam terhadap masalah yang diteliti. Informan dalam penelitian ini mencakup Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Staf Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial, dan Kepala Panti Asuhan St. Damian Kalabahi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menerapkan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu pendekatan yang menggunakan pemikiran logis dan sistematis untuk menggambarkan permasalahan dan fenomena yang terjadi. Analisis ini didasarkan pada fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, dan hasilnya dijelaskan secara menyeluruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Syarat Penghuni Panti Asuhan: Kriteria anak mendapatkan program layanan pengasuhan dan perlindungan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No 30/HUK/2011 dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2020 Bab III Nomor 11 dan 12. 2) Standar Fasilitas:Panti Asuhan St Damian Kalabahi telah menyediakan fasilitas hunian yang layak bagi anak-anak. 3) Standar Pelayanan: Panti Asuhan St. Damian Kalabahi telah berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan holistik anak-anak. 4) Sosialisasi Pedoman: Dinas Propinsi NTT saat ini belum menyediakan pedoman khusus untuk pengelolaan panti asuhan yang dapat disosialisasikan kepada Panti Asuhan 5) Pembinaan dan Pelatihan: Dinas Sosial Propinsi NTT tidak melakukan pembinaan dan pelatihan bagi Pengelola, Pengurus, dan Pengasuh Panti Asuhan St. Damian Kalabahi sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2020 Pasal 70. 6) Bantuan Kebutuhan dan Fasilitas: Dinas Sosial Provinsi NTT belum menyediakan bantuan atau fasilitas yang sesuai dengan standar pelayanan minimal untuk penghuni panti asuhan, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2020. 7) Kunjungan Berkala: Dinas Sosial Propinsi NTT belum pernah melaksanakan inspeksi rutin ke Panti Asuhan St Damian Kalabahi. 8) Laporan Panti Asuhan: Dinas Sosial Propinsi NTT belum mengajukan permintaan terkait laporan kemajuan dalam pengelolaan Panti Asuhan St. Damian Kalabahi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dinas Sosial, Tata Kelolah, Panti Asuhan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.IP NINGSI FEBRIANI LOBANG
Date Deposited: 18 Apr 2024 01:42
Last Modified: 18 Apr 2024 01:42
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item View Item