Meningkatkan Kemampuan dalam Membaca Notasi Angka pada Siswa-Siswa SMPN 7 Kupang dengan Lagu Himne Guru Aransemen Petrus Riki Tukan

TUWA, Simprosa (2025) Meningkatkan Kemampuan dalam Membaca Notasi Angka pada Siswa-Siswa SMPN 7 Kupang dengan Lagu Himne Guru Aransemen Petrus Riki Tukan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (932kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Salah satu hal yang penting dalam bernyanyi khususnya Paduan Suara ialah membaca notasi angka dan membidik nada-nada kromatis. Nada kromatis mencakup ketepatan dalam membidik nada yang dimana harus membutuhkan latihan dalam membidik nada-nada kromatis dikarenakan tidak semua siswa/siswi bisa membidik nada-nada kromatis dengan baik dan benar. Kemampuan dalam membaca notasi angka pada nada-nada kromatis pada paduan suara SMPN 7 Kupang dalam lagu Himne Guru Aransemen Petrus Riki Tukan masih sangatlah kurang, oleh karena itu perlu penguasaan dalam membaca notasi angka pada nada- nada kromatis. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses dan hasil dalam meningkatkan Kemampuan Dalam Membaca notasi angka pada Paduan Suara SMPN 7 Kupang? 2)Kesulitan apa saja yang di hadapi oleh siswa/siswi dalam meningkatkan membaca notasi angka pada paduan suara SMPN 7 Kupang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 11 siswa/siswi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran membaca notasi angka di laksanakan dalam 7 kali pertemuan tatap muka dengan tahapan: menjelaskan materi, latihan pernapasan, latihan vokal,dan latihan nada-nada kromatis. Selama proses latihan peserta didik mengalami kesulitan dalam hal membidik nada terutama nada-nada kromatis. Kesulitan tersebut diatasi menggunakan metode solfegio untuk membaca dan mendengarkan secara berulang-ulang. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa- siswi mampu menyanyikan lagu Himne Guru dengan cukup baik, meskipun ada bagian yang belum sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Paduan Suara, siswa/siswi, Notasi Angka, Nada Kromatik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Simprosa Tuwa
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:56
Last Modified: 17 Oct 2025 01:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22485

Actions (login required)

View Item View Item